Selamat Datang di Situs TEXAS Hendry F.Jan

Tuesday, May 11, 2010

Mengenal Hendry F.Jan:

Hendry dilahirkan pada tanggal 11 Mei di kota Lubuk Linggau. Menyelesaikan TK hingga SMP pada sekolah Katolik (Xaverius) di kota kelahirannya. Menamatkan SMA-nya di SMA Xaverius 1 Palembang. Meraih gelar sarjana (S1) Economics and Development Studies from University of Sriwijaya.

Hendry yang gemar bermain sulap ini sangat tertarik pada tulis-menulis dan dunia jurnalistik. Falsafah wartawan yang bertolak belakang dengan ahli mewarnai hidupnya. ”Ahli tahu banyak tentang sedikit hal, sedangkan wartawan tahu sedikit tentang banyak hal,” begitu juga dengan Hendry. Ia menulis apa saja, seperti puisi, cerpen, artikel, opini, berita, atau sekedar surat pembaca.

Rubrik "Pojok" mading yang diasuhnya dengan nama Sisil (Siswa Usil) keluar sebagai juara II dalam Lomba Mading se-SMA Xaverius 1 Palembang, karya tulisnya yang berjudul "Peningkatan Kualitas Penyajian Informasi dalam Penerbitan Kampus, Studi Kasus: Majalah Value Added" keluar sebagai juara I Lomba Penulisan Makalah dalam rangka Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Majalah Value Added (FE Unsri), Majalah Forum Mahasiswa (FH Unsri,) Tabloid Gelora Sriwijaya (tabloid Unsri) dan Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT Unsri) pada tanggal 29, 30 Mei dan 6 Juni 1993.

Cerpen Buddhisnya “Sepenggal Kisah…..” yang ber-setting Vihara Vimala Dharma keluar sebagai juara harapan I pada Lomba Cerpen Buddhis yang diselenggarakan oleh PMVB (Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Borobudur), Medan (16 Des 2001) dan akan diterbitkan bersama cerpen pemenang lainnya pada Waisak 2549 BE (tahun 2005) ini.

Karyanya yang pernah dipublikasikan antara lain: cerita humor "Bapak Soneta" (Majalah Tomtom), cerpen Opspek, catatan perjalanan ke Muri, opini, serta komentarnya (harian Sriwi­jaya Post, Palembang), foto jepretannya "Barter Profesi" (rubrik Sketmasa maja­lah Jakarta-Jakarta), opininya (harian Pikiran Rakyat, Bandung), artikel, laporan perjalanannya ke Istana Negara dan pemecahan rekor (harian Galamedia, Bandung), kiriman berita dan artikelnya (majalah Senang, almarhum), majalah SeRu!, dan lain-lain.

Karyanya yang lain pernah dimuat di majalah Citta (majalah terbitan KMBP, Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang), Gema Dharmakirti (majalah terbitan PPBD, Persaudaraan Pemuda Buddhis Dharmakirti), Gita (majalah SMA Xaverius 1 Palembang), Manggala (koran dan majalah Buddhis Nasional), Berita Dharmayana (majalah terbitan KMB Untar, Jakarta), Warta BCC (majalah Buddhist Correspondent Club, Palembang), Value Added (kini bernama Kinerja, majalah FE Unsri), Gelora Sriwijaya (tabloid Unsri),...

Buku yang pernah diterbitkannya adalah Setetes Dhamma (Mei 1995), Setetes Dhamma 2Setetes Dhamma 3 (Mei 2000), dan sekarang Kumpulan Cerpen: Anting-Anting Pink (02-02-2002), Buku Mini Tanda Kasih (2003 2003), dan Buku Tanpa Judul (02-03-04) yang mendapat penghargaan Muri (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Karena tercatat sebagai (Maret 2000),
rekoris Muri, ia beberapa kali diberitakan di koran, diwawancara stasiun TV, dan diundang ke Konvensi Muri di Istana Negara. Selain mengusulkan dan menjadi kontributor rubrik TEXAS (TEROPONG XAVERIUS SATU), Hendry juga mengusulkan rubrik T-REX (TOREHAN REKOR XAVERIUS) yang mencatat prestasi/ rekor yang dicapai Xaverian (Xaverian adalah sebutan untuk siswa-siswi SMA Xaverius 1 Palembang, baik yang masih bersekolah maupun yang sudah lulus). Sedangkan rubrik TEXAS berisi berita tentang Xaverian (termasuk juga mantan guru dan karyawan SMA Xaverius 1 Palembang) yang sudah tidak lagi di sekolah dan sukses di masyarakat. Diharapkan dengan adanya rubrik ini, jalinan komunikasi antara alumni dan almamater tidak terputus. Alumni bisa membagi kiat sukses sambil bernostalgia tentang masa SMA-nya. Siapa tahu kelak sekolah butuh sponsor untuk mengadakan suatu acara, banyak alumni yang telah menjadi orang sukses yang bisa dihubungi. Bravo SMA Xaverius 1 Palembang!

Untuk mengunjungi situs-situs Hendry Filcozwei Jan yang lain, silakan klik alamat situs induknya:




Kabar menggembirakan. Rony (alumni SMA Xaverius 1 Palembang tahun 1997 yang kini tinggal di Melbourne) berinistiatif membuat milis sebagai jembatan penghubung antar seluruh angkatan (dari tahun 1951-2008). Anda salah satu alumni SMA Xaverius 1 Palembang atau lebih dikenal dengan nama SMA Bangau dan ingin mengetahui info terbaru teman-teman Anda? Ayo gabung ke milis ini. Anda tertarik? Silakan klik links berikut:
Alumni Bangau


3 comments:

DRS. KASDI HARYANTA said...

Tolong segera dimuat Mediko azwar. Bolehkah kami muat di Gita nanti?

Nando said...

Kapan ya TEXAS bisa rutin di majalah GITA? Majalahnya saja terbit setahun 2 kali. Aku coba buat berita Xaverius online di blogku www.dhammanando.blogspot.com
Terus nulis ya... Salam dari Sakinna.

Anonymous said...

Respiratory Therapists

Post a Comment